another blogger

Kamis, 17 Maret 2011

UP Day 8 -- Biologi

Uprak hari terakhir ini biologi, dan kita udah nyiapin segala-galanya di rumah, tinggal liat ntar apa kata percobaan. Aku sekelompok sama Dita dapet percobaan fermentasi. Walaupun gitu, tetep aja karena jarang ke Lab kita jadi canggung dan nggak tau apa-apa -__-

Kesalahan 1.
Jadi larutan yang kita pakai itu fenolftalein atau apa gitu namanya. Kita kan nggak tau tuh yang mana yang namanya fenolftalein, akhirnya nemu di botol. Tapi kok warnanya putih? Sedangkan yang di kertasnya tulisannya merah.

Aku : Bu, pakai yang ini ya fenolftaleinnya?
Bu Endang: Iya, pakai yang sudah jadi aja. Tapi kalau kalian mau buat sendiri juga nggak apa-apa,
Aku : Nggak deh bu,

Akhirnya aku sama Dita ngeliat ke arah larutan yang ditunjuk Bu Endang. Bener sih, warnanya merah. Dan tanpa tanya-tanya lagi kita ambil larutan itu dan nuang ke erlenmeyer kita.
Glukosa+ fermipannya udah siap, larutan fenolftaleinnya udah siap. Dan, mulai deh. Tapi lama gitu, kok warna fenolftaleinnya nggak berubah-berubah. Waktu kita tanya Bu Endang, harusnya cepet berubahnya. Akhirnya Bu Endang lihat punya kita.

Bu Endang : Merahnya pekat banget ya, coba kalian tukar sama yang itu deh.

Hap.Hap. Kita ambil yang merahnya agak keunguan. Terus larutan pertama tadi diambil sama Bu Endang, kayaknya diracik ulang. Tapi.... kok tetep aja nggak ada perubahan ya? -__-
Nggak lama, Bu Endang ke meja kita.
Bu Endang : Ini tadi kalian campur apa? Kok jadi gini warnanya?
Aku & Dita : Eh.... larutan yang pertama tadi bu?
Bu Endang : Iya.
Aku & Dita : Fenolftalein bu? Kan tadi Bu Endang nyuruh kita ngambil di sana *nunjuk tempat tadi*
Bu Endang : Astaga.... itu kan lugol. Ya jelas aja, kalian tungguin nggak bakal berubah warnanya
Aku & Dita : ............

Kesalahan 2
Belajar dari kesalahan pertama, tiap percobaan kita ada yang aneh, kita langsung tanya-tanya. Dan kali ini yang aneh adalaahh........ fenolftalein (udah bener) kita nggak berubah-berubah warnanya. Udah lama banget loh -_- padahal katanya cepet. Akhirnya kita nanya ke kakak kelas 12 ipa 1, mas Glenn, yang kebetulan prakteknya bareng kelasku.

Aku : Mas, tadi lama nggak nunggu berubahnya?
Mas Glenn : Lama. 45 menit
Aku : Ha?
Mas Glenn : Haha nggak-nggak. Cepet kok.
Aku : Punyaku kok lama ya
Mas Glenn : Mana sih coba liat

Akhirnya aku, Dita, Mas Glenn balik ke mejaku. Dia kayak ilmuwan pro gitu, meriksain satu-satu percobaanku sama Dita.

Mas Glenn : Ini udah dikasih NaOH?
Aku & Dita : *diem*
Mas Glenn : Udah belom?
Aku & Dita : Tadi kita pakai langsung larutannya Bu Endang mas. Katanya udah dicampur semua
Mas Glenn : Berarti nggak kalian kasih NaOH?
Dita : Tapi warnanya udah merah kok
Mas Glenn : KOH emang merah kan. Belum kalian kasih kan?
Aku & Dita : Belom................
Mas Glenn : Ya jelas aja! Sampe kiamat pun kalian tungguin nggak bakal berubah warnanya *sambil ngambilin NaOH*

4 komentar:

  1. fenolftalein dek bukan fenolptialin kyk enzim ae ptialin,haha -___-

    BalasHapus
  2. Eeee tolong di cek lagi ya, aku nulisnya bener kok fenolftalein :P hahahaha

    BalasHapus
  3. yek mesti kan curangan, udah di edit pek itu. elekan :p

    BalasHapus