another blogger

Selasa, 15 November 2011

Preparing for Klinik Pedo

Pediatric Dentistry (Pedodontics) itu bagian yang ngerawat gigi anak-anak. Dan ibuku salah satu dokter gigi spesialis Pedo. Bisa aku liat tiap ibu praktek, gimana sebelnya ngerawat anak-anak. Tapi untung ibuku sabar. Kalau aku jadi ibuku, bisa-bisa pasien anak-anak yang dateng aku bor semua giginya saking mangkelnya gara-gara nangis mulu -__- Belom apa-apa, aku udah disaranin sama ibuku nanti jangan ambil spesialis Pedo. Alasannya? Bisa dilihat dari fakta berapa jumlah anak kecil yang betah lama-lama di kamar berduaan sama aku. Jawabannya: ngga ada. Anak kecil mana sih yang betah diem-dieman di kamar sama kakak judes yang nggak ngajakin main?

Semester 8 nanti, habisnya wisuda Sarjana Kedokteran Gigi, untuk ambil profesi kita masuk klinik sampai semester 10. Waktu ngumpulin tanda tangan kakak-kakak mahasiswa klinik, aku sempet nanya ke kakak nya, maksudnya klinik itu gimana. Jadi pas klinik nanti, kita bener-bener ngga ada kuliah lagi. Jadi udah nanganin pasien. Dan pasiennya itu cari sendiri. Misalnya bulan ini, kita dapet klinik BM, jadi nyari kasus-kasus dari pasien yang masuk bagian Bedah Mulut gitu. Terus aku tanya, yang paling susah nanganin bagian apa, kakaknya bilang, "Nanganin anak-anak kecil dek..........." Kalau klinik dan pas dapet bagian klinik pedo, mau ngga mau pasiennya harus anak kecil kan........... dan itu, sesuatu banget *kata kakaknya

Kenapa?
Nyari pasien ke SD-SD. Nganter jemputin anak-anaknya. Nurutin apa yang mereka mau.

Tadi sore di kantin FKG, aku ngeliat ada kakak klinik yang bawa dua pasien anak-anak. Mereka lagi makan di meja sebelahku. Aku lihat, dua anak tadi itu udah makan dua piring dan beberapa bungkus makanan sisa. Tiba-tiba, si anak bilang, "Kak, aku mau kebab." aku mbatin. Terus aku noleh ke kakak klinik tadi. Dia cuma bisa senyum pasrah sambil ngangguk pelan.

Terus, aku cerita ke kakak kelasku yang juga mahasiswa klinik soal kejadian tadi. Katanya emang kaya gitu. Masa ya pasiennya dia mintanya mainan aneh-aneh. Ipad lah Nintendo DS lah. Hahahahaha guaul pol-polan. Mau deh jadi pasien kalo beneran dibeliin DS :)))))
Katanya, temennya dia padahal baru nanganin satu pasien tapi udah drop dua hari, saking pasiennya nakal banget. Di klinik kan banyak alat ya sebenernya, ada bor, ada tang *siap ngeremes ana-anak*

Oke. Semangat kuliah!!!!!!!!!!!!!!! Masih ada beberapa tahun lagi kok, Ra. Nikmatin masa kuliahmu sebelum klinik Pedo ^^"
Siap batin, siap mental, siap emosi, siap.....................duit ;_;

6 komentar:

  1. Itu anak kecilnya serem banget sumpah. Ga boleh ya kalo bukan anak kecil? ><

    BalasHapus
  2. Kayaknya sih boleh ay, tergantung lagi dapet bagian apa ._.

    BalasHapus
  3. like this post...:D,,anak kecil emang ngegemesin,,,#eh maksudnya nyebelin..:P

    BalasHapus
  4. Semangat Rara :D
    Dulu pas kecil aku juga nangis gulung2 pas pertama kali mau cabut gigi, eh sekarang kok ga suka sama anak kecil yang macam diriku sendiri --

    BalasHapus
  5. saat kamu klinik, kamu bakal rindua suasana kuliah, skill lab, modul, uts, uas, praktikum bahkan skripsi..UAAAAHHH!!!

    tp kudu tetep dijalanin ini ra, buat jadi dokter gigi yang siap tempur ngadepin globalisasi dan kemajuan jaman

    buat klinik, duit emg super butuh..tp yang jelas diatas super butuh itu masih ada lagi, kita kudu siap mental

    sampe temenku bilang gini "klinik itu kita ga boleh sakit, jadi mending kalo ga tahan ya mati aja"

    bisa bayanin ga kita ga boleh sakit selama 1,5 tahun itu?

    BalasHapus