another blogger

Kamis, 03 Mei 2012

After Anatomi Practical Test

Seperti yang udah aku ceritain sebelumnya, kemaren aku habis ujian praktikum anatomi. Ngga tau deh gimana hasilnya, soalnya cukup banyak juga yang aku ragu-ragu atau malah pengawuran masal. Tapi senggaknya, I've done my best, and Allah will do the rest.

Soal-soal yang ditanyain kemaren seputar tulang-tulang anggota gerak atas-bawah, cranial, sama regio. Khusus yang bagian regio tubuh, jarumnya ditusukin di bagian tubuh cadaver (mayat) yang udah kepotong-potong. Sebelumnya udah pernah praktikum pake cadaver juga sih, jadi kemaren ngga seberapa shock. Cuma tetep aja, aku selalu menghindari kontak mata sama cadavernya.........................

Kaya yang udah diperingatkan sama Aya bolak-balik, "Ra, bunyi tilililitnya itu horor,"
Apa maksudnya bunyi tililit? Ternyata itu bel tanda pergantian soal. Jadi soal-soalnya ditaruh di meja-meja yang berbeda dengan bagian-bagian tulang atau potongan badan cadaver yang beda-beda. Tiap kali bunyi bel, siswa pindah dari satu meja ke meja lain. Dan ternyata bener kata Aya, bel nya itu bikin nderedeg, apalagi kalau pindah ke meja cadaver.

Ngga tau ini perasaanku atau gimana, tiap kali aku berenti di meja cadaver, bel nya itu lamaaaaaaaaaaaa banget dibunyiinnya. Waktu sampai ke meja cadaver yang cuma bagian perut sampe kepala doang (gak ada tangan, gak ada kaki), sumpah itu rasanya luama pol! Aku nunduk bawah terus sambil duduk sementara cadavernya tiduran di sebelahku. Mataku rasanya pengen banget ngelirik, tapi aku nggak berani. Terus tanganku rasanya pengen banget megang cadavernya, sekuat tenaga aku tahan, nggak tau kenapa tiba-tiba mau ngelakuin hal horor kaya gitu. Mana waktu di meja cadaver, bau formalinnya menyengat banget. Di balik masker, aku tahan-tahan nafas sambil ngebayangin gimana kalo tiba-tiba ada suara yang ngasih tau jawaban soalnya atau ada yang nyentuh tanganku......................................................................

Kejadian cadaver ini kebayang-bayang sampai aku keluar dari FKG. Ngga tau ini perasaanku lagi aja, atau emang gimana, di semua tempat kecium bau cadavernya. Habisnya ujian praktikum anatomi, aku ke kantin, dan di kantin aku nyium bau cadaver. Di Ruang Kuliah juga, tiba-tiba aku nyium lagi bau cadaver. Pikiranku mulai nggak karuan. Ini berlanjut sampai akhirnya aku pulang ke rumah dan lepas dari teror itu.

Padahal aku sengaja nggak kontak mata supaya wajahnya ngga kebayang-bayang, eh malah baunya yang kebayang-bayang.

Oke, anatomi praktikum cukup sampai semester ini aja.
Tahan ra tahan, tinggal setengah semester lagi kok :')

2 komentar:

  1. Cadavernya nggak horor Ra, yang horor itu soalnya (╥﹏╥)
    Iya apalagi pas makan, pasti rasanya rasa formalin -_-
    Aku ada cerita! Nanti aku ceritain ya :p

    BalasHapus
  2. jangan2 penunggu ruang anatomi nya itu mbak yg ganggu :P

    BalasHapus