another blogger

Jumat, 30 November 2012

"Itulah Indonesia."

Berawal dari acara Gema Krida Airlangga, dimana ketika ada salah satu acara yang membuat para penonton berkumpul jadi satu di depan stage kemudian duduk manis menyaksikan dalang, ada beberapa pengunjung yang tanpa dosa mengebul-ngebulkan asap rokok mereka, di tengah kerumunan orang itu.

Lihatnya gemes lho, bayangkan, bagaimana mereka nggak mikirin keadaannya orang lain. Mereka nggak berpikir, yang mereka sebul itu asepnya lebih bahaya. Entahlah ya. Saya mau sok-sokan kesana sebenernya, sekedar ngasih tau kalau minta tolong dimatikan sebentar rokoknya. Tapi karena badan mereka jauh lebih besar dari badan saya, dan saya merasa saat itu hanya saya yang berpikiran begitu, tidak ada yang akan mendukung, niat tersebut saya urungkan.

Kapan hari itu juga, saya melihat seorang bapak-bapak merokok di jalan. Tanpa sungkan, dia tetap merokok di sebelah ibu-ibu yang bawa 2 anak. Satunya mungkin sudah SD, tapi satunya masih bayi. Dengan merasa hebat sekali, bapak-bapak tadi masih tetap lanjut merokok. Tidak menghiraukan orang lain yang ikut menghisap racun yang ia sebarkan.

Di Korea aja, ada satu orang merokok di tempat umum, pasti langsung diingatkan sama orang lain. Dan orang yang merokok tadi nggak ngeyel. Tanpa banyak bacot dia matikan rokok, lalu pergi.

Awalnya saya rasa, peraturan di Indonesia yang bacut. Sudah underestimate nih, kalau di Indonesia nggak ada UU yang mengatur tentang kawasan bebas rokok. Tapi setelah saya googling,:

Pada UUD Pasal 115 ayat 1, mengatur mengenai "Kawasan Tanpa Rokok, antara lain ; fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan."
 
Peraturannya ada loh, dilarang merokok di tempat umum. Tempat umum loh. Sudah ada peraturannya, dan entah kenapa bapak-bapak tadi nggak ditangkep polisi aja. Hal kecil seperti ini aja nggak ditindak tegas kan, karena hal-hal dari atas sana juga nggak diurus. Yah, semangat deh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar