another blogger

Sabtu, 28 Januari 2017

Sebelum Merawat Pasien, Jadilah Pasien Terlebih Dulu

Ini sebenernya pengalaman pribadi sih, sebagai (calon) dokter gigi yang sempet dua kali masuk Rumah Sakit dan beberapa kali tepar gejala tifus gara-gara kecapean dan unhealthy lifestyle suka ngemilin micin dan makanan pedas berlebih. Berasa lemah banget wkwk :"))

Paling terasa waktu terakhir aku operasi usus buntu, yang H-1 gejala nya aku masih sempat ke jalan-jalan ke Malang, beli susu di KUD Batu yang akhirnya agak basi gegara kereta pulangnya delay berjam-jam macam pesawat. Gejala perut nyeri di sebelah kanan bawah sebenernya uda pernah aku rasain beberapa kali, cuma kali itu yang paling parah, sampai ngga bisa ngelurusin badan, harus melengkung (?) supaya engga sakit. Awalnya aku ngga nyangka bakal usus buntu, sama tante (yang adalah seorang dokter), akhirnya disuruh coba minum obat maag. Gejalanya ngga hilang, aku telfon tante lagi. Dan responnya mayan mengagetkan, "Yaudah kamu coba USG aja sana.." yang notabene USG aku taunya cuma buat orang hamil (maklum waktu itu masih semester 3 di FKG, belom tau fungsi USG lainnya..). Dengan penyangkalan bahwa aku yakin aku ngga hamil, akhirnya si tante pun dateng ke rumah, sambil diperiksa kemudian menjelaskan kalau USG bukan cuma buat orang hamil, walaupun waktu di telfon nyuruh USG nya sambil ada 1% suspek ke arah sana katanya (yang ngomongnya sambil ketawa-ketawa bercanda. Padahal ada ibuku disitu yang gatau kudu ketawa apa gimana....)

Ngga lama, suaminya tanteku yang juga dokter, spesialis bedah pencernaan (digestive), langsung meriksa perutku juga, tapi ke titik-titik yang mencurigakan. Si om langsung menekan perut sebelah kanan bawah, dan aku kaya orang kesurupan langsung teriak sakit. Padahal sebelumnya pas diperiksa tante di daerah sana, ngga sesakit itu. Apa penekanannya yang beda ya.......... intinya, aku langsung disuruh ngamar di RS dan dijadwalkan operasi usus buntu keesokan harinya. Besok. H-beberapa jam dari saat itu. OMG.

Awalnya aku ga cemas sama sekali, yang penting udah ngga sakit lagi perutnya. Okay, sudah mantap banget. Sampaiiiii aku masuk ruang steril. Tiba-tiba gejolak berkecamuk wkwk sebelumnya si om ku (yang jadi operator operasiku) ngga menjelaskan alternatif pengobatan atau perawatan lainnya. Cuma bilang kalau radangnya udah parah dan usus buntunya hampir pecah (?) makanya langsung disuruh operasi. Disitu aku ngerasa penjelasan yang aku dapat kurang buat ngeyakinin aku. Pecah lah tangisnya. Dokter anestesi sampai bingung. Ibu sama bapak yang merasakan hal yang sama pun ikutan mellow wkwk. Akhirnya waktu om ku datang, kami minta penjelasan sekali lagi sebelum dilakukan operasi, kali ini yang detail. Setelah dapat jawaban yang aku pengen, akhirnya aku masuk ruang operasi dan mulai dibius. Lokal. Iya, bius lokal di lumbal kaya orang-orang mau operasi caesar buat melahirkan. Aku sadar, dan bangun, cuma ngga ngerasai apa-apa... Hahaha

Cerita tadi hampir sama ketika aku pertama-tama nanganin pasien di RSGM. Aku berpedoman, bahwa dokter ngga usah banyak bicara, yang penting terampil, cepat, pasien puas. Ternyata itu salah besar. Aku lupa kejadian sebelum aku operasi usus buntu, dimana aku butuuuh banget komunikasi sama dokternya. Aku butuh banget penjelasan sebelum perawatan yang aku mengerti dan pahami. Aku butuh banget diajak ngobrol sama dokternya, sebelum di operasi. Hal ini pun sama kaya kalau aku mau menambal, cabut, atau bahkan membersihkan karang gigi sekalipun. Aku harus menjelaskan dengan benar dan bisa diterima oleh pasien. Intinya, komunikasi antara pasien dan dokter itu penting banget, walaupun cuma sekedar nanya, "Bapak anaknya sudah sekolah?" "Bapak / ibu asalnya dari Surabaya, kah?" Aku pernah diposisi jadi pasien, dan setelah ini akan diposisi jadi dokternya. Berkat pengalaman itu, aku jadi bisa ngerubah sikap dan pedoman perawatan pasienku. Aku jadi ngerti apa yang pasien pengenin, bukan sekedar keterampilan dokter dan kecepatan perawatan. Apalagi kalau perawatan yang akan dijalani pasien merupakan perawatan yang termasuk 'horor', baik untuk pasien maupun dokter operatornya haha. Penjelasan dari dokter pasti bakal dibutuhin banget sama pasiennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar