another blogger

Selasa, 28 Maret 2017

SixASix: Rasa yang dulu pernah ada & rasa yang (akan) terus ada


Kenapa judulnya mellow banget, yak? Berhubung ini udah kaya waktu-waktu terakhir Ko-As di RSGM Unair, jadinya dramatis gini deh tiap ada yang posting foto kelompok. Foto di atas ini kayanya foto bareng-bareng full-team kita yang terakhir sampai sekarang. Setelah itu kalo foto, mesti ngga lengkap..

Mereka-mereka ini adalah teman-teman yang menemani berjuang, dari jatuh-bangun-tidur-nangis-ngakak-rumpik-baper semua deh, kaya nano-nano! Dan persis kaya judulnya: rasa yang akan terus ada. Kenangan 2 tahun bareng kalian kayanya ngga bisa ilang dari ingatan deh :') *yak mulai baper*

Aku ngga nyangka, bakalan sekelompok sama mereka-mereka ini. Orang-orang yang selama 3,5 tahun pre-klinik di FKG jaraaaaaaaaaaaaaaang banget aku ajak ngobrol. Paling cuma Ica sama Kak Metika yang NIM deketan dan sering sekelompok kalau tugas, atau Hanin, partner PubDok. Itupun, ngga sesering aku dan 6 orang teman se-geng-ku *iyooo geng*, yang ngga bisaaa sehari aja ngga ribut atau ngobrol. Jujur aja, 3,5 tahun kuliah, temen ngobrolku cuma teman-teman yang duduknya selalu deketan. Kalo yang duduknya udah jauh, apalagi ngga sekelas ini lhoo yang jarang banget ngobrol. Kaya cowo-cowo macam Dicky, KakRev, Bang Komting. Bener-bener hampir ngga pernaaaaaaaah ngobrol lama sama mereka..

Pertama kali pembagian kelompok, aku langsung ngechat Ica, yang lumayan deketlah pada waktu itu. Ngabarin kalo kita sekelompok lagi. Udah, cuma Ica doang yang aku chat, karena yang lain ngga kenal. Kebacut ya, tapi beneran begitu kenyataannya. Maafkan aku yang ansos dan kuliah-pulang-kuliah-pulang ya :') Waktu kumpul kelompok pertama, suasananya Super-Awkward. Ngga ada yang santai. Masih formal semua. Dan waktu itu aku pengen cepet-cepet ngacir aja buat kumpul sama temen-temen se-geng :))

Stase pertama Konservasi Gigi, kita masih belum akrab nih, bahkan sampai 3 bulan di Konser pun masih jalan sendiri-sendiri. Ngga tau sejak kapan, kayanya sejak masuk OM (Oral Medicine), dimana pas itu, kami cuma satu kelompok sendiri yang bertugas. Udah tugasnya banyak, jadwal padat, tanggungan pasien berat. Apalagi aku sebagai Penanggung Jawab kelompok stase itu, ngerasa berat bangett. Mana aku masih agak sungkan untuk minta tolong ke teman-teman, tapi akhirnya yang aku paksain buat ngga sungkan, soalnya bisa mati aku kalo ngga minta tolong :")

Dari yang tadinya kami kemana-mana masih sendiri, akhirnya mulai bareng-bareng, dan sering kumpul buat makan sepulang klinik. Awalnya cuma dikit yang ikut, lama-lama hampir full team. Puncaknya adalah waktu PKL (.......kurung ini tadinya mau ditulis singkatan dari PKL, tapi kok aku lupa ya..) yang mengharuskan kami tinggal bareng selama 2 minggu.. Itu bener-bener puncak dari chemistry kami hahaha. Dari yang ngambek-ngambekan, saking capeknya jadi gampang marah semua, nangis juga, bahkan....................... meluruskan sesuatu yang belum selesai dulu, tapi tetep aja ngga selesai dan masih menggantung. Yaudalah... :)))

Dari yang tadinya kami ngga terbuka satu sama lain, jadi kami yang gampang dipancing buat curhat. Malah ada yang ngga usah dipancing atau ditanya udah langsung curhat sendiri. Bahkan aku langsung ngechat Ica pas ada masalah. Menghujat bersama, ketawa bersama, gosip bersama, ngga terasa kalo kumpul sama mereka tau-tau selalu udah jam 10 malem aja. Berharap balik ke waktu PKL dulu, udah jam 10, kemudian kami pulang ke rumah yang sama, dan lanjut cerita-cerita lagi :')

Sekarang, kami sedang melalui jalan kami masing-masing, walaupun masih sama-sama di FKG semua (kecuali inung yang udah ena ena di Solo hahaha) dengan cara kami masing-masing. Ngga ada yang tahu bakal gimana kedepannya, tapi yang jelas, kami melakukan yang terbaik menurut kami untuk diri kami sendiri. Walaupun keluarnya mungkin ngga barengan, tapi kita masih satu tujuan yang sama kan ya, rek?


Siang ini gara-gara KakMe upload foto kelompok di Instagram, dan Ica menggalakkan #sixasix11, aku jadi kepo dan buka-buka foto-foto lama. Aku sudah bareng sama mereka 1,5 tahun. Dari jaman rambut panjang ga tertata, rambut pendek macam Dora, dari yang masih pakai Orto sampai udah lepas, pakai hijab, ganti kacamata dua kali, ada kali kami ngelewatin 3 kali musim durian wkwk. Dan foto-foto jadul itu sukses bikin baper dan nggak males buka laptop buat nulis postingan ini. Btw, udah kenal belom sama 10 makhluk ajaib di foto ini?


Kenalan dulu kuy dari yang paling kiri! (<-- :p="" ada="" aku="" berminat="" br="" cantumin="" ig="" juga="" kali="" nya="" yg="">
1. Rizki Widyakartika Y alias mak Weye! Panggilan ini nemplok sejak jaman stase Bedah Mulut, dimana dia jadi salah satu Satpol PP kelompok yang kerjaannya nge-stop pekerjaan anak yang berlebihan (dimana-mana kerja berlebihan kan di apresiasi ya? :'D) Anaknya suuuuuper ceriwis wkwk kalo debat sama temen-temen kelompok, jangan harap bisa menang dari dia. Makan paling lama, bangun paling siang, dan seriing ngga sahur kalo mau puasa (gegara telat bangun). Anak paling tinggi, paling ceria, paling bisa ngomong kaya pegawai Dinkes! Penasaran mau follow ignya? Kuy capcus ke @kiki_wy

2. Nur Indah Metikasari alias Kak Me! Entah kenapa dipanggil KakMe padahal ya seumuran dan seangkatan. Dia ini kesayangannya pasien-pasien Pedo. Kalo ditanya, "Kakak yang mana yang cantik?" pasti semua nunjuk doi. Dia ini semacam 1 dan 12 (bukan 11 12) sama Kiki, kakMe superkaleeeem dan selalu tenang menghadapi situasi macam apapun. Mau situasi mencekam, mengharukan, bahagia, ekspresi wajahnya selalu sama: senyum selalu mengambang di wajah. Bikin adem banget. Kalo ada apa-apa, biasanya aku cerita ke dia. Partner jalan dari FKG ke parkiran mobil yang lokasinya mayan jauh, bahkan hampir deket kosan dia wkwk. Sekarang sepertinya sedang jomblo, mungkin ada yang berminat serius dan langsung ngajak ke tahap selanjutnya, boleh kepoin ignya di @me.tikasari

3. Nastiti Sarilaksmi alias Anas.. atau Listrik Pintar, Nas? Wkwkw. Dia nih pentolan PKL kelompok kami. Satu-satunya yang bisa menaklukan Drg Roesanto, sebagai pembimbing PKL yang super gahar. Jaman pre-klinik dulu, aku bahkan hampir ga pernah ngomong sama dia. Cuma sekedar tau aja si Anas ini cewek rambut pendek yang super-cool kaya Ai Haibara di Detective Conan. Sekarang setelah sekelompok, jadi kenal kalo dia anaknya juga agak urakan dan humoris wkwk. Kalo ada kejadian absurd, kami langsung liat-liatan dan menghujat di belakang. (Kelompok kami mukanya polos-polos gini tapi pada suka menghujat. Hati-hati!) Orang yang selaluuu bisa diandalkan di setiap waktunya. Teman yang selalu boncengin aku kalo mau pulang gegara searah :") Dan teman curhat di detik-detik terakhir sebelum akhirnya kisah cintaku dengan yang barusan ini kandas wakaka. Sayangnya, si Anas ga ada Ig, maap ya. Silahkan dikepo sendiri gimanapun caranya.

4. M. Taufiq Ari alias Abang Otot! Liat aja ototnya.... hm.... ya walaupun sekarang keliatannya cuma buntalan lemak di lengannya sih. Ngga tau deh otot-otot yang dia bentuk bertahun-tahun selama pre-klinik pada lari kemana. Ini dia si tukang rumpik. Cowok tukang rumpik yang kalo "Ngga ada lo ngga rame," dan selalu sukses bikin aku ketawa ngakak, atas apapun yang dia ucapin. Apapun. Bahkan cuma satu kata aja aku udah ngakak. Eh enggak, bahkan dia bereaksi terhadap sesuatu aja udah bikin ketawa.... (bukan cuma aku kan, rek??). Dia ini antara cocok engga cocok jadi komting jaman pre-klinik. Oh iyaa, dia ini Komting-ku! Komting rek... Komting...... Yang parahnya ketika main jujur-jujur-an ditanya, "Sebenernya kamu merasa berat ga sih, Bang, jadi Komting?" kita tuh udah mikir dia bakalan jawab, "Nggak kok, kan dibantu banyak orang.." tapi dengan santainya dia jawab, "Sebenernya aku keberatan banget rek jadi Komting." dan berhasil menjatuhkan imej nya sendiri di depan kami. Tukang gosip, rumpik, suka menggiring opini publik, dan suka berimajinasi seenaknya! Tapi udah sold out ya guys, kita sendiri bingung kenapa pacarnya betah sama dia wkwkw

5. Dicky Daruanggono alias Dikhet (walaupun aku ngga pernah manggil Dikhet) alias Jombie. Diantara anak cowo-cowo sekelompok, paling jarang ngomong sama Dicky. Gatau kenapa.. haha..... hm.. Dia ini anak yang paling sering ngilang, terus tiba-tiba muncul pas mau absen pulang stase Konservasi. Pemilik guyonan ter-receh di kelompok. Sumpah, aku aja kalah receh. Padahal dia udah se-garing (guyonannya ya, bukan badannya) itu, tapi tetep bersikeras mengaku kalau dirinya introvert dari Solo... hallowww?? Anak yang selalu ditunggu kedatangannya, baik di klinik, maupun waktu kita kumpul-kumpul. Eits, jangan gr dulu Dick, yang ditunggu dari kamu adalah backsound krik-krik atau eeeee tiapkali kamu guyon kok :') tapi itu justru yang ngangenin. Jarang banget online HP padahal kalo Online game terus-terusan wkwk. Paling hobi ngajakin mancing! Mancing kerusuhan...? Saking jarang ngobrolnya, semoga kapan-kapan bisa ngakak bareng ya Dik.. :))

6. Chusnul Chotimah alias Inung/Cinuls/Nuns. Pecah telor pelaminan pertamaa kelompok kami *banzaiiii*!!! Ini dia anak yang walaupun requirement kliniknya uda mau kelar dan nilainya bagus, tetap aja gupuh dan cemas :') kalo kamu aja cemas, apa kabar aku, Nuns? Partner Ujian Profesi Departemen dari uprof pertama, tapi dia meninggalkan aku di uprof konser, prosto, dan perio hiks. Bahkan sampai uprof Radio yang nama-namanya diacak aja, aku tetep partneran sama dia!! Emejing. Satu-satunya yang bisa ngajak Dicky buat kerja pasien di klinik, karena dia punya aura-aura apa gitu kali yha.. Sekarang, dia jadi anggota yang paling susah ditemuin karena uda pindah domisili ke Solo bersama suami *eak* *baper eak* Inung ini teman galau bersama waktu stase Bedah Mulut. Bukan, bukan gara-gara stase yang begitu berat atau keras, tapi cecurhatan tentang rasa cemburu wkwkwk sumpah kalo inget ini aku jadi kudu ngguyu terus Nung :)) Selamat menempuh hidup (yang udah ngga terlalu) baru ya Nuns, turut bahagia dan sedih karena ga bisa dateng ke acaramu :") berhubung udah nikah, ngga aku kasih tau ig nya yaaa, buat apa wkwk

7. Revinska Bagus Irawan alias KakRev. Ter-rumpik kedua setelah Bang Otot. Kalo ada gosip apa-apa, kita pasti nanya ke dia sebagai minceu nya FKG, yang mengatur opasity tembok-tembok di FKG makanya gosip satu ke yang lain bisa menyebar dengan sangat cepat wakaka. Hobinya kalo ketemu aku adalah........ pasang wajah jutek-jutekan dan nggarai. Salah satu driver andalan kelompok kamiiiii yang driver PKL nya cuma Aku, Hanin, dan KakRev (dan Dicky sebenernya). Tipe yang "Ngga ada lo ngga rame" jugaa. Pada dasarnya, semua anak di kelompokku rumpik semua sih, tapi selalu harus disulut api dulu baru rame. Dan penyulut apinya adalah KakRev ini!! Teman yang selalu kalo ketemu di klinik nanyain, "Kamu ngapain, Ra?" "Ngga ngapa-ngapain kak. Kamu ngapain?" "Sama...." kemudian tos :") Teman yang selalu capcus kalo diajakin makan dan kumpul-kumpul. Masih jomblo lhooo, yuk langsung cus kepoin ignya @revinska.b

8. Annisa Galuh RHP alias Ica. Anak yang keibuan sekali, bisa dibilang ibu kelompok kami lah walaupun nggak kalem kaya KakMe. Dia ini anak yang selalu bisa menengahi suatu masalah yang ada. Dan tiap kita mau ngapa-ngapain, pasti ngabarin dia dulu sebagai ketua pelaksana kegiatan wkwk. Penggemar kosakata Bahasa Jawa dengan aksen medok asli daerah (bukan logat Surabaya). Teman yang selalu bisa diandalkan dan paling sering diandalkan teman-tema satu kelompok. Waktu pre-klinik, walaupun sering sekelompok sama dia, tapi waktu itu belom sedeket sekarang (sekarang deket, Ca? Wkwkwk) dan terima kasih pada ica sudah menemani 3 hari kegalauan akhir tahun kemaren. Teman yang selalu menawarkan diri buat nemenin mengerjakan sesuatu. Misalnya aku mau ngapain, dia selalu nawarin, "Mau kutemenin, Ra?" yang sampe akhirnya aku booking juga buat nemenin aku nganterin sepupu-sepupu lomba menggambar :)) Partnerrrr kerja pasien! Lulus bareng ya Caa :") Jomblo juga nih kwkwk maafkan ya rata-rata cewe kelompok ini jomblo kecuali Inung dan Dinar. Bolehlaaah lgsg cus ke ignya di @annisagaluhrhp

9. Dinar Arijati alias Dinar. Naaah ini dia yang paling sering digojlokin dan digangguin sama Bang Otot. Karena anaknya juga lucu sih, polos banget. Tiap kali kita ngomongin sesuatu, dia paling telat sadar atau tau. Disaat anak-anak yang lain ngga kerja pasien, dia tetap kerja diam-diam dan jarang minta bantuan buat ditemenin (padahal aku, selalu minta ditemenin kalo ngerjain pasien :")), jadi tau-tau requirement dia uda mau kelar aja. Anaknya cantik dan lucu, dan cuek banget dalam hal-hal tertentu wkwk Misalnya waktu dulu stase BM yang mengharuskan kita dateng jam 7 pagi, dia dengan usaha terbaiknya masih dateng jam setengah 8, dan sempet bikin kita geregetan dulu karena kaya gada rasa bersalah sama sekali wkwkwk belom pernah ujian bareng dia sih dan dia ini tipe yang nantangin dosen demi lulus dalam sekali ujian profesi. Kereeeeeeeeen! Tapi si Dinar ini udah punya tunangan, jadi, urungkan niatbuat kepoin dia yha...

10. Haninda Iffatuz alias Hanindi. Nih kalo ini kepoin ajaaa lgsg ig nya @haihanin wkwkwk ini salah satu anggota Jojoba (Jomblo-Jomblo Bahagia) kelompok ini dan paliiiiiiiiiiiing ga bisa dikorek masa lalunya, mau kita udah mancing-mancing gimanapun caranya. Tapi waktu PKL, gara-gara aku curhat sesuatu, dia jadi agak terbuka walaupun ngga nyebutin namanya! Wkwkwk. Ini teman curhat sekaligus partner PubDok. Kalau mau ke kampus, dia selalu ngechat "Ra hari ini ngampus?" akupun juga gitu, salah satu orang yang aku pastikan datang ke kampus juga buat sekedar nemenin atau ditemenin. Dari jaman cari pasien Orto, nyarinya sama Hanin. Galau pasien endo tunggal bareng (karena ngerjain pasien yang sama), galau pasien pedo bareng teman galau bareng deh pokoknya! Orang yang selalu 'giving her hug when u needed the most' :')Teman main, teman makan, teman jalan-jalan, teman rasan-rasan, dan selalu ingat keberadaanku :') Selalu ngajakin kemana-mana. Abis ini kalo pisah, bakalan kangen sama dia :')

Kayanya ini salah satu postingan terpanjang selama sejarah aku ngeblog wkwkw. Maafkan kalau yang baca boseeeenn. Ngga berharap mereka tau postingan ini ada sih, malu juga kalo ketauan wkwk cukup untuk dikenang sendiri lah. Semoga setelah ini kita masih bisa kumpul-kumpul yaaaa :') Semangat buat yang mau kompre dan UKMP2DG *sambil ngomong ke diri sendiri juga* *Yang harusnya aku belajar buat kompre, tp malah nulis beginian*


Yuk liburan lagiii~~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar