another blogger

Rabu, 02 Agustus 2017

Motivasi KoAs

Beberapa hari yang lalu, aku dicurhatin sama temen-temen yang lagi koas di rsgm. Pertamanya mereka ngucapin selamat atas gelar baru (selain penulis) yang sekarang melekat di belakang namaku hihi :"))) Mereka tanya kiat-kiat survive klinik, gimana bisa dapet motivasi, gimana bisa bertahan, gimana bisa be bold. Pertanyaan-pertanyaan mereka itu bikin aku flashback ke jaman awal koas...

Kaya yang aku bilang, semangat dan motivasi tuh datengnya bisa dari mana aja. Bahkan dari hal-hal ngga jelas sekalipun, hal-hal remeh sekalipun.
Waktu awal-awal klinik dulu, aku sempet lhoo beberapa minggu sama sekali ngga kerja pasien. Ada kali ya 3 minggu pertama stase konservasi, isinya cuma bolak-balik depo, ngecek alat-alat apa aja yang masih kurang, menunggu chat dari calon pasien yang ngga kunjung muncul, kegalauan deh pokoknya, apalagi disaat temen-temen yang lain udah pada kerja pasien. Seriusan, sudah pada kerja pasien. Aku stres banget, tapi berusaha ngga nunjukin di depan mereka kalau stres. Aku tetep masuk kaya biasa, bantuin mereka kerja pasien di kampus. Tapi namanya stres ya, begitu sampe rumah aku langsung nangis. Nangis yang lumayan lama, karena ngga menemukan solusi atas masalahku. Mikirin gimana nih kedepannya kalo aku ngga segera cari pasien, kerja pasien. Apa bisa lulus bareng temen-temen?

Waktu itu aku inget ada yang menyemangati. Ada yang nemenin ke-galauan ini makanya aku jadi lumayan kuatlah untuk menjalani kerasnya kehidupan klinik wkwk. Tiba-tiba aja aku kepikiran buat ngerawat orang-orang yang kerja di rumah eyang, dan Alhamdulillah mereka pada mau jadi pasienku. Pasien pertamaku. Dan aku inget bangetttt habis ngerjain pasien pertamaku itu, aku langsung nangis di kampus, di tempat sepi sama Nawira & Hilly. Mereka pada bingung kenapa aku nangis. "Akhirnyaaa aku kerja pasien naw... huhuhu" saking senangnya akhirnya aku ngga nganggur juga. Bener-bener nangis yang.... ah gatau deh. Berasa cengeng banget aku pas klinik :")

Broadcast via Line terus gencar aku kirim ke temen-temen. Minta tolong sana sini buat nyariin pasien, bahkan sampai nge pm temen-teman lama buat dirawat giginya. Keliling dari satu rumah ke rumah lain. Nelfonin satu-satu pasien-pasien baksos. Awalnya ngga menghasilkan apa-apa semua usaha kesana kemari ku. Tapi ngga lama, hp mulai bunyi, chat-chat lumayan banyak yang masuk dan nanyain soal perawatan gigi. Walaupun ngga banyak, tapi beberapa berhasil jadi pasienku! Seneng banget rasanyaa.. tau-tau sebelum pindah stase, requirement uda banyak yang selesai aja.

Dan kejadian ngga punya pasien selama 3 minggu awal ini selalu terulang di stase baru. Selalu. Seriusan, 3 minggu awal selalu nganggur. Banyak stresnya, banyak kepikiran gimana cari pasiennya. Makanya kadang aku suka kudu kesel aja kalo ada yang bilang, "Rara sih pasiennya banyak..." gundulmu a? :") Pada ngga tau aja berapa liter air mata dan keringat susah payah yang aku keluarkan sampai akhirnya pasienpasien ini datang untuk dirawat.

Puncaknya waktu itu adalah pengumuman stase Ortodonsia! Aku inget, setelah kelar ujian profesi radiologi, aku dan teman-teman kumpul di Sensodyne Corner buat ngasih surprise ulang tahun salah satu temen kelompok koas kami. Awalnya aku biasa aja, bahkan bahagia soalnya ngerasa melewati ujian profesi radiologi dengan lancar berkat drg.Yunita :") Nah karena yang ulang tahun ngga muncul-muncul, kami nunggu agak lama. Dan habis itu, salah satu temen deketku dari semester 1, Zhafira dateng. Begitu liat dia, air mata langsung netes. Dia panik, aku lebih panik, langsung nunduk, meluk Fira, dan ngga berhenti nangis sambil nahan suara... jadi minggu itu adalah minggu penentuan stase orto, bisa ikut ujian profesi atau engga. Berhubung orto ku ngga selancar teman-teman yang lain, aku uda pesimis ngga bisa ikut ujian. Awalnya aku berusaha biasa, ngga kepikiran. Tapi lama-lama stres, dan akhirnya nangis tanpa sebab di kampus. Kalo cewek banyak pikiran tinggal nangis sih ya, beneran lega banget abis nangis. Kalo cowo ngga tau deh bisa nangis apa engga :")

Setelah kejadian random itu, fira ngechat. "Ngga apa-apa Ra, kadang kita emang perlu mengeluarkan semua uneg-uneg yang mengganjal. Tapi habis itu, semangat lagi ya!" Aku ngga bisa bayangin deh gimana kehidupan klinikku kalo ngga ada temen-temen ini :")

Motivasi bisa dateng darimana aja. Waktu pertama ngerjain pasien, tambalanku yang super welek sempat dipuji sama drg.Eric, "Eh yang ini tambalannya? Ngga keliatan kaya tambalan ya. Bagus-bagus.." padahal cuma digituin aja, aku langsung fired-up! Semangat buat cari-cari pasien. Semangat buat ngerjakan pasien lainnya. Kalau aku sibuk mencari motivasi terus-terusan, aku bakalan menghabiskan waktu lebih banyak dengan ngga ngerjakan pasien. Aku mikirnya mending energiku aku habiskan buat sibuk cari pasien, bukan sibuk cari motivasi. Karena motivasi, trully bisa dateng kapan aja dan dimana aja. Kaya babang nasi goreng yang lewat depan rumah, kalo lagi laper banget ga pernah lewat, begitu ngga dicari lewat-lewat terus. Atau kaya jodoh, kalo lagi ngebet-ngebetnya cari jodoh, kadang suka ngga muncul. Tapi begitu santai-santai ngga nyari, kadang suka muncul sendiri wkwkwwkwkw

Pernah tau istilah kalau galau, showeran aja? Haha agak aneh tapi beneran. Showeran bikin kamu merenung. Mandangin hujan dari dalem mobil juga. Dan setelah momen-momen galau itu, bisa loh tiba-tiba kamu udah semangat aja.

Cukup inget aja kalo kamu ngga sendirian. Banyak teman-teman yang siap menangkap ketika kamu jatuh, siap meminjamkan pundaknya buatmu bersandar istirahat sejenak, siap berangkat dsri rumahnya yang jauh buat sekedar nemenin kamu di waktu-waktu galaumu, terpenting: siap nemenin kamu nyari dan ngerjain pasien. Karena daripada kita memilih bolos karena ga ada pasien, mending masuk bantu temen-temen. Niscaya pasien-pasien bakalan dateng dengan sendirinya atas bantuan teman yang kamu bantu :"))

Kemaren pas ketemuan sama temen-temen percepatan, pada ngebahas soal motivasi. Dan mereka ngingetin lagi motivasiku jaman SMA dulu. "Kalo kamu, pasti bisa." Indeed. Walaupun kalimat ajaib ini ngga punya efek sehebat dulu, tapi tetap bisa lah nyalain lagi api semangat. Bahwa diujung sana udah ada hal-hal indah yang menanti, kalau kita ngga berhenti berusaha.

Jadi... tetap semangat!
Banyak berdoa, sabar, jangan mudah menyerah.

"Karena Allah tidak akan merubah nasib suatu umatnya kecuali dia sendiri yang mengubahnya,"

Kalo kamu, pasti bisa! :)

1 komentar:

  1. hai ka rara,, kenalin aku wenny, mahasiswa FKG kak yang insyaallah mau masuk dunia per coas an,, rada2 takut sih kak soalnya sering banget denger kakak tingkat bilang " kuliah kalian gak ada apa apanya sama coas" ... semakin naik semester semakin kerasa deg degannya,, eh emang bener bener ga kerasa ya kak S1 kelar, alhamdulillah.. iseng iseng cari2 motivasi coas , eh nemu tulisan kak rara, mana pas lagi sejurusan.. seneng bgt.. btw terimakasih banyak ya kak tulisannya sangatt menginspirasi dan semoga kak rara sehat teruss...aamiin

    BalasHapus