another blogger

Jumat, 01 September 2017

Sebagai seorang yang hampir tiap hari (bahkan hari Sabtu juga) berangkat praktek jam 7 pagi dari rumah, aku termasuk yang engga sempat nonton berita di TV pagi hari. Sampai rumah udah malem, kalo engga pasti kuhabiskan dengan nonton Grey's Anatomy. Kalo udah ngantuk, tidur, engga sempat nyentuh koran. Jadi, ngebacain Line Today merupakan salah satu caraku supaya engga kudet soal berita-berita kekinian yang lagi happening sekarang.

Berita-berita di Line Today super beragam. Mulai dari yang judulnya ringan, judul mencekam, berita kekinian, berita rada ga penting, berita penting banget, satu isi berita tapi beda-beda judulnya, click bait, sampai berita yang bikin pegel, kesel, capek. Salah satunya adalah: Jalur Busway Macet Akibat Motor Pindah Jalur, Supir Busway Diprotes Pengendara Motor.

See? Ini salah satu berita yang bikin pegel, kesel, capek. Siapa yang salah, siapa yang marah-marah coba?

Setelah baca isi beritanya, aku langsung cerita-cerita sama ibu bapak tentang berita tersebut. Sambil kesal dan pegel sendiri. "Heran aku sama orang-orang," yang berujung ditanggapi pasrah sama mereka, "Yaudah kamu capek sendiri nanti kalo terlalu dipikirin. Orangnya aja ngga mikirin kamu. Gitu itu kenapa negara ini ngga bisa maju.."

Di jalan pun ketika lagi nyetir misalnya, aku suka sambat sendiri kalo ngerasain gimana pengemudi dan pengguna jalan lainnya seenak udelnya sendiri. Misalnya ada kendaraan yang awalnya ada di jalur buat belok kiri, dan aku di jalur tengah. Tiba-tiba dia motong di depanku buat belok ke kanan. Atau ada bemo yang tiba-tiba suka ngiri mendadak begitu liat penumpang. Atau kendaraan yang puter balik di tempat yang seharusnya ga boleh puter balik. Atau parkir di tempat yang ada larangan parkirnya. Ngga disiplin banget. Kudu mengumpat ngga sih rasanya? :)

Aku pun pernah dibonceng sama temanku naik motor, dan temanku ini adalah salah satu pengemudi yang agak ngga taat peraturan lalu lintas. Puter balik di tempat yang ngga seharusnya, motong jalan kendaraan, tiba-tiba belok kiri setelah dia lama di jalur kanan, yang berakibat dia sering banget di klaksonin sama kendaraan lain. Dan aku selalu jujur sama dia, "Kamu adalah salah satu yang bakal aku klaksonin terus-terusan kalo di jalan." atau, "Kalo aku jadi mobil tadi, aku juga bakal klaksonin kamu. Malah lebih dari mobil tadi." Dia cuma meringis dan tetap menjalani kebiasaanya..... aku juga cuma bisa ketawa dan berdoa dalam hati biar ga ketilang aja. yha. Ati-ati aja di jalan ya sob, dengan style nyetirmu aku cuma bisa doain hati-hati di jalan :"))) Tapi sekarang kayanya kebiasaan dia udah membaik deh. Wkwkw

Belakangan lagi marak satu berita menyangkut almamaterku. Kaget banget aku rasanya baca salah satu headline berita: Mahasiswa Tertangkap Memalsukan Sertifikat, Demo Menolak Membayar SPP. Paham kan kemana arah topik bahasannya ini? Engga kok, aku ngga berniat buat ngebahas dari sudut pandang siapa-siapa disini. Cukuplah aku eneg bacain postingan di timeline Line yang isinya cerita dari dua sudut pandang: mahasiswa yang tercyduk malsu sertifikat dan mahasiswa jujur yang kena imbasnya gara-gara ada yang malsu. Both of them adalah teman dekatku.

Seriously? Sekarang kualitas orang-orang kita kaya gitu?

Anak yang waktu UNAS SD ngga mau contekin temannya, dibully habis-habisan, dicela sama orang tua murid lainnya.

Anggota DPR yang terlambat datang ke Rapat karena alasan terlambat, minta dibangunkan Apartemen yang dekat kantor supaya ngga telat lagi.

Artis-artis yang ngga bayar pajak kendaraan mewah mereka, alasannya ngga sempat dan lupa, pulang syuting selalu pagi.

Orang yang dengan bangganya mengumbar perilaku, attitude, kebiasaan buruk di socmed, merasa di judge orang banyak padahal itu hidupnya. Menolak menayangkan konten yang lebih mendidik, merasa bahwa itu tanggung jawab orangtuanya.

Orang-orang yang bikin jalur antrian sendiri di jalan. Ngga mau sabar.

Buang sampah sembarangan di jalan. Padahal katanya Surabaya udah kaya rumah sendiri, tapi ngga mau ikut menjaga kebersihan rumahnya.

Orang-orang yang pekerjaan utamanya mengadu domba banyak orang. Membuat hate speech buat menyudutkan satu golongan.

Boncengan bertiga bapak-ibu-anak, tapi anaknya ga pake helm. Pak, bu, kalo misal terjadi hal yang ngga diinginkan, terus kepala anaknya siapa yang ngelindungin? Situ berdua enak pake helm :")

Seriously? Seperti itu? Seperti itu lho kita... :")

Disini aku ngga ngejudge ya. Aku bukan merasa paling benar, paling punya pikiran hebat. Engga kaya gitu. Akupun juga masih ugal-ugalan kalo nyetir, masih suka denial, tapi aku selalu berusaha buat menaati peraturan. Berusaha dan belajar supaya jadi orang yang lebih baik lagi. Berusaha memikirkan orang lain juga.

Intinya adalah, ayo kita biasakan diri supaya disiplin dan mematuhi peraturan. Menjalankan dan menaati peraturan dengan baik. Berpikir lebih terbuka, lebih santai. Banyak-banyak membaca berita, diskusi dengan orang banyak. Sumpah deh, selain kesel, pegel, capek, disisi lain aku sedih karena orang-orang kita seperti itu.. Andai aja kita bisa ngga memikirkan kepentingan sendiri, andai kita juga memikirkan orang lain. Mungkin karena bidangku adalah medis dan kesehatan, jadi kami di mind-set untuk mementingkan urusan pasien, urusan orang lain, yang Alhamdulillah memberikan dampak positif.

Kebaikan selalu dimulai dari hal yang kecil kok, misalnya berhenti di lampu merah waktu ada orang yang nyebrang, dan tetap berhenti sampai lampu hijau walaupun uda ngga ada yang nyebrang.

Yuk mari sama-sama belajar dan berubah ke arah yang lebih baik :")

2 komentar:

  1. kayaknya tau pengendara motor yg bakal diklakson deh...
    btw bahas teori konspirasi kyknya seru raa!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. WKWKWKWKKW sahabat kita tuh :)) jadi inget kalo ada orang naik motor melanggar, kita lgsg bilang, "Hm... si XXXX banget..."

      Hapus