another blogger

Minggu, 07 Januari 2018

Melemu di Surakarta #Part1

Halooo!
Weekend ini aku sekeluarga liburan ke Solo, dalam rangka liburan tahun baru. Telat yak? Haha tapi emang sengaja sih supaya pas jalan-jalan ngga rame-rame banget.

Liburan kali ini, aku pensiun sementara jadi travel-organizer. Peranku diambil alih oleh tanteku, yang dari awal semangat banget ngajakin ke Solo buat kulineran. Jadi bisa dilihat, itinerary jalan-jalannya isinya full makanan! Bahkan begitu sampe di Solo, kami langsung makan timlo, eskrim, dan serabi >< sumpah begitu sampe Surabaya nanti, rasanya aku ngga berani nimbang badan....

1. Timlo Sastro

Salah satu makanan khas Solo yang bener-bener diluar ekspektasiku. Ini sumpah enak banget. Sebelumnya aku ngga pernah nyobain, dan begitu nyobain pengen nambah teruus. Timlo ini kalo kataku, semacan kuah bakso + sosis solo (yang awalnya aku bertanya-tanya 'mana sosisnya ya') + telor. Berhubung aku ngga suka jeroan, jadi aku pesennya sosis solo dan telor. Di foto ini timlo yang komplit pake ati-rempela. Rasa kuahnya seger, apalagi kalo ditambahin jeruk nipis. Kata omku, pake sambel petis nya lebih enak lagi. Yang disayangkan, timlo sastro ini tempatnya deket pembuangan sampah, jadi diluar warungnya bau sampah.. untung makanannya enak :( Menurut tanteku yang uda katam kulineran Solo, timlo yang terkenal ada dua: timlo Solo dan timlo Sastro ini. Cuma dari segi rasa, tanteku prefer timlo sastro, meskipun bonus aroma tida sedap :")

Timlo Sastro
Jalan Kapten Mulyadi No.8, Sudiroprajan, Solo
Buka jam 10.00-15.30
Rating: 4/5 👌 (minus tempatnya yang agak...)

2. Es krim Tentrem

Toko eskrim ini sejenis sama Zangrandi Surabaya atau Toko Oen Malang. Eskrim rasa kuno yang vanila nya paling juara. Keseluruhan, rasanya bolelah... beda sama eskrim mcd ato gelato-gelato sih.

Es Krim New Tentrem
Jl. Brigjend Slamet Riyadi No.132, Keprabon, Solo
Buka jam 10.00 - 21.00
Rating: 3/5 xoxo

3. Serabi Notosuman

Belom ke Solo katanya kalo ngga nyobain Serabi Notosuman. Bedaa sama serabi solo di Surabaya yang pake kuah. Rasanya enyaaak banget apalagi dimakan pas panas :") waktu Lebaran dua tahun lalu, aku sempet beli mayan banyak buat bekal perjalanan Solo-Surabaya,tapi ternyata begitu dingin dan udah dibiarin sekitar 5 jam, rasanya udah ngga enak. Jadi serabi ini ngga bisa untuk oleh-oleh yang dibawa perjalanan panjang. Padahal temen-temen pada nitip dibeliin ini. Silahkan berkunjung sendiri ke Solo ya wankawan kalo mau nyobain :") ada dua pilihan rasa, yang plain (?) Sama rasa cokelat tapi aku lebih suka yang cokelat.

Serabi Notosuman Ny.Lidya
Jl. Moh Yamin No.28, Solo
Buka jam 4.30 - 17.00 (kalo belom abis...)
Rating: 5/5 x"""""D

Gara-gara dari awal dateng udah makan segini banyaknya, padahal di kereta juga uda makan camilan banyak banget, akhirnya malem-malem aku ke ind*maret buat nyari obat diare :(( perut langsung bergejolak parah, kayanya mulai bermasalah setelah makan timlo deh.... alhasil malemnya ketika orang-orang pada nyobain pecel solo, selad solo, gudeg ceker, aku cuma bisa ngeliatin aja sambil menahan perut yang melilit :(((


Tidak ada komentar:

Posting Komentar