another blogger

Selasa, 09 Januari 2018

Melemu di Surakata #Part2

4. Pecel Solo


Malam hari pertama di Solo, kami makan malam di sebuah resto namanya Pecel Solo. Kupikir kita beneran mau makan pecel malem-malem, dimana perutku udah berdendang terus. Hampir dah aku ngga ikutan keluar cari makan. Ternyata pecel solo tuh nama resto nya, isinya banyak menu makanan. Tapi karena perutku masih ngga bersahabat, aku harus puas dengan cukup minum teh tawar hangat, ngga mood sama sekali buat makan. Padahal orang-orang pada pesen pecel, selad solo, jenang, bakmi gitu-gitu deh :( menurut mereka, makanannya lumayan enak, cuma biasa aja. Mungkin buat yang khusus nyari selad solo, bisa ke selad solo mbak lies yang lebih khas.

Resto Pecel Solo
Jalan Dokter Soepomo No.55, Solo
Buka jam 7.30 - 22.00
Rating: 3/5 (skor dari keluarga, berhubung aku cuma nyobain teh tawarnya aja :"))))


5. Gudeg Ceker


Nah gudeg ceker yang ini unik banget nih, soalnya makannya tengah malem. Jadi, ibu sama om dan tante pagi-pagi sekitar jam 1 pagi berangkat ke gudeg ini. Padahal katanya, baru buka jam 2 pagi lho, tapi jam 1 udah pada ngantri, dan jam 3 pagi udah abis gudegnya.. wew. Kenapa kok dia bukanya pagi hari? Katanya sih, awalnya gudeg ini mangsa pasarnya adalah supir-supir bis atau penumpang yang sampai di Solo tengah malem kalo pada kelaperan. Aku yang pada dasarnya ngga terlalu suka gudeg, ngga ikutan. Apalagi kudu jam 1 pagi banget ditambah perutku yang masih bergema.. menurut ibu, gudegnya biasa aja, tapi cekernya juara! Empuk dan enak banget bumbunya.

Gudeg Ceker Bu Kasno
Jalan Monginsidi, Solo
Buka jam 01.00 pagi - habis
Rating: 3/5 (not a fan of gudeg, tapi cekernya juara)


6. Soto Gading


Abis dari Pasar Klewer, kita makan soto ayam Gading 1. Ada dua lokasi soalnya. Bedanya sama soto ayam Ambengan atau Lamongan, soto gading ini kuahnya lebih bening, ngga se kuning soto Jawa Timur. Jadi istilah kalo makan soto jangan pakai baju putih ngga berlaku di Solo 😅 sambelnya pun pakai sambal petis, dan ngga ada koya nya. Yang bikin shock adalah....... nasi soto harganya Rp 9.000!! Dan ada porsi yang cuma separo 😂😂 katanya ibu, kalo ada soto ini di Surabaya, mungkin kami bakal makan disitu terus, soalnya terjangkau haha.

Soto Gading 1
Jalan Brigjen Sudiarto, Solo
Buka jam 6.00-15.00
Rating: 3.5/5

7. Sunny's Gelato

Sebenernya, gelato banyak sih dimana-mana. Aku mampir kesini berkat rekomendasi dari Aya. Kupikir bakal biasa aja nih tempat dan rasanya, tapi ternyataa pilihan rasa gelato nya banyak! Jadi excited buat nyobain semua 😉 apalagi, beberapa rasa ada yang unik, kaya rujak rambutan, black choco (super recommended!!), sama banana. Berhubung aku ngga terlalu suka yang manis-manis, jadi aku beli yang rasa mint + black choco dan ini kombinasi ciamiqqq ~ :") rasanya pengen lagi pengen lagi. Pilihan cone nya pun ada 3 rasa: cokelat, plain, kayu manis. Tempatnya juga cozy, cocok deh kalo mau rehat bersantai disini. Harganya untuk cup isi 2 eskrim Rp 20.000, dan kalo pakai cone Rp 25.000

Sunny's Gelato
Jalan Doktor Setiabudi No.82, Gilingan, Solo
Buka jam 10.00-22.00
Rating: 4/5 buat eskrim mint + black choco nya ><

8. Nasi Liwet Bu Sarmi & Susu Shi Jack


Demi katam-in kuliner Solo, aku rela makan nasi malem-malem dan nyobain semua makanan selama liburan kemaren. Mulai dari yang ringan, sampai berlemak-kolesterol tinggi macam sate kambing.... malam sebelum balik ke Surabaya, kami nyobain nasi liwet! Salah satu kuliner yang direkomendasiin banget sama temenku, yang kebetulan kalo mudik selalu pulang ke Solo karena ada eyang disana. Katanya sih nasi liwet ini kuliner Solo ter-enak. Aku akhirnya penasaran dan browsing soal nasi liwet, dan ternyata emang seperti dugaanku: manis. Kami nyobain nasi liwet bu Sarmi, yang lokasinya bersebalahan sama Susu Shi Jack (yang terkenal juga katanyaa). Karena udah ada mindset "manis", awalnya aku ngga terlaly excited nyobain nasi liwet, tapi rugi dong kalo uda sampe Solo malah ngga makan makanan yang katanya terenak ini. Pertama dateng, kami langsung disuguhi sepiring nasi dengan sayuran (?) itu apasih di atasnya ._. Dan kelapa (?). Ternyata lauknya kita bisa milih sendiri. Aku langsung aja pesen ayam, berharap ayam nya digoreng kering pake remahan. Ternyata yang dateng ayamnya basah 😂😂 macam ayam gudeg gitu kali ya. Dengan segala pikiran-pikiran "duh abis gak ya ini....", aku mulai memasukkan suapan pertama ke mulut dan.......... ngga seburuk bayanganku. Enak malah. Dan ngga kerasa, aku makannya lahap banget, dalam hitungan menit, seporsi nasi liwet udah aku abisin 😂😂 rasa nasinya manis, ayamnya juga ngga gurih, tapi entah kenapa kombinasi mereka berdua ini ya cocok aja ternyata. Tapi walaupun enak, mungkin ngga untuk nambah. Cukup makan sekali aja 😂 mungkin berikutnya kalo pas main ke Solo lagi.

Untuk minumnya, aku pesan susu shi jack yang putih dan pake es. Aku ngga berekspektasi apa-apa sih soal susu ini, ya rasa susu emang gimana lagi haha. Menurutku, susu shi jack ini rasanya... biasa aja 😅

Nasi Liwet Bu Sarmi & Susu Shi Jack
Jalan Kapten Mulyadi, Solo
Buka jam 18.00 - 00.00 😅
Rating: 3/5 bolelah..

9. Sate Kambing Mbok Galak

Ini nihhh menurutku kuliner penutup yang ciamik soroooo! Sebelum menuju stasiun buat balik Surabaya, rombongan kami mampir ke Sate Mbok Galak buat makan siang. Ternyata disitu juga ada tengkleng. Sate buntelnya gede-gede bangeet. Aku sebenernya bukan fans kambing, tapi suka banget sama gule kambing. Begitu makanan disajikan, aku langsung nyari gulenya, tapi ternyata belom siap. Jadinya aku makan sate kambing nya, yang uwenaaaaak puol. Walaupun agak-agak alot (apa ya bahasa indonesia nya ._.), tapi enyaaak :3 dan yang favorit adalah tengkleng nya!! Uuhhh akhirnya aku makan makanan yang pedes nya sesuai selera di Solo hahaha. Tengkleng ini kalo gasalah isinya kaki kambing, mirip gule sih tapi kayanya ngga se-santan gule deh, kuahnya lebih ngga berlemak (?). Alhamdulillah banget di hari kedua dan ketiga kulineran ini, perutku udah mulai bersahabat. Kalo ngga, ngga bakal nyobain tengkleng ini deh gara-gara masih melilit :"))) Tempatnya di warung besar pinggir jalan gitu, dan rameeeeee banget. Tapi perjuangan nunggu meja kosong sebanding kok dengan rasa sate + tengkleng yang bikin pengen tinggal di Solo. Kalo gulenya, rasanya biasa aja kaya gule pada umumnya.

Sate Kambing Mbok Galak
Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Solo
Buka jam 08.00-19.00
Rating: 5/5 !!! 😋😋

Yaak sekian Rara's Culinary-log edisi liburan ke Solo Januari 2018! Mohon maaf untuk harganya, aku ngga bisa kasih info yang detail. Berhubung dibayarin, jadi ngga tau harga-harganya kecuali di tempat yang aku sempet lihat buku menu nya dan mencantumkan harga disana. Tapi dibandingin sama Surabaya, makan disana termasuk cukup hemat. Nasi liwetnya juga murah banget. Makan ber8 cuma kira2 20rb/orang. Padahal lauknya udah pada nambah macem-macem tuh.

Buat lidah Jawa Timur yang kental banget kaya aku, kuliner Solo atau Jawa Tengah mungkin enak kalo makannya sekali-kali aja, kalo buah nambah, kayanya ngga bakal habis karena kurang gurih. Kecuali sate kambing dan Tengkleng hahaha.

Semoga diberikan kesehatan selalu, supaya bisa terus jalan-jalan dan kulineran>< Aamiin

See you on another rubrik Melemu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar