another blogger

Kamis, 01 Februari 2018

Kalah


Walaupun sebenernya ngga penasaran-penasaran amat, tapi akhirnya aku nonton film ini juga! Hahaha >< Ini akibat terpengaruh beberapa temen yang di twitter maupun instagram pada 'baper sama berondong' setelah nonton filmnya. Awalnya aku underestimate banget ke film ini, sok-sok-an yang ngga mau ikut arus masyarakat buat nonton, tapi akhirnya aku kalah juga......... aku nonton, dan berhasil dibikin senyum-senyum sendiri selama nonton :" teman-teman dekat yang aku ajakin pada ngga mau, katanya pada ngga tertarik sama sekali. Tadinya kalau ngga ada temen nonton, aku ngga berangkat haha. Dan akhirnya ada satu teman yang mau haha padahal aku yakin dia juga nggak kepengen nonton film ini sebenernya. Tapi, dibanding ngerasa ngga enak karena udah bikin temanku ini terjebak dalam film yang bikin dia ber-lol-lol ria sepanjang nonton, aku lebih merasa berterima kasih karena sudah mau terjebak bareng Hahahaha. Terima kasih yaa^^

Lanjut yaa...
Filmnyaa bener-bener nge-plek sama novelnya, aku udah bisa nebak apa yang akan terjadi habis ini, bahkan sampai hafal dialognya. Padahal aku berharap ada sedikit kejutan di film, ternyata ngga ada haha. Ketika baca novelnya, beberapa adegan ada yang terasa ngena banget, dan pas dibawa ke film, ada sedikiiit yang ngga tersampaikan.

Secara keseluruhan, film nya bagus, dan Iqbaal (alasan utamaku nonton film ini), bisa meranin Dilan dengan bagus. Sok cool, tukang gombal, ngelindungin ceweknya. Di novel, aku ngebayanginnya Dilan walaupun sifat remaja, tapi masih ada kesan dewasanya dikit. Dia terkesan tenang banget menyikapi keadaan. Sedangkan Panglima tempur versi Iqbaal, gatau kenapa aku liatnya kaya bocah, kurang tenang, berapi-api, gejolak anak muda hahaha (Karena wajah dia juga kurang 'keras' gitu kali ya, jadi tiap dia serius, malah jadi gemes..... *tante-tante pedofil*). Cuma tetep bisa mencuri hati penontonnya tiap kali dia ngomong dialog Dilan ><

Ada beberapa hal yang khas dari film Indonesia. Salah satunya yang bisa dibandingkan adalah.... dialognya tuh script banget. Gimana ya bilangnya, cuma kalo kalian nonton film-film Indonesia, ngga tau kenapa ketika pemerannya ngomong, keliatan kaya udah di atur *ya emang kan*. Dibandingin sama drama-drama Korea atau film barat, bisa gitu percakapan berjalan natural, percakapan sehari-hari. Di film Indo juga ada 'gap' antar pemain di setiap dialog. Maksudku, kalo kamu bertemu dan ngobrol sama temen di kehidupan nyata, kayanya kamu ngga akan berdiri atau menjaga jarak sebegitunya, ngga sih? Untuk kesan natural dan benerannya tuh kurang dapet aja. Salah satu film yang menurutku kesan naturalnya dapet adalah Perahu Kertas, jempolan emang Maudy Ayunda.

Pengambilan gambar dan setting juga lumayan lah, tapi agak kurang kuno ya kalo mau menggambarkan Bandung tahun 1990. Walauoun aku ngga tau pastinya, tapi suasananya agak kurang kuno aja. But great effort (y)

Film Dilan 1990 ini menurutku ngga ada konfilknya. Ya paling masalah-masalah remaja pada umumnya, berantem sama temen, deketin gebetan, dilabrak. Ngga ada konflik yang 'berarti' yang menyangkut hidup-mati seseorang, atau masa depan, dan dampak-dampak besar lainnya. Murni film unyu-unyu-an, yang sepanjang film bikin senyum terus, tanpa tegang. Nah karena ngga ada konflik menegangkan ini (mungkin diharapkan klimaksnya diadegan Dilan-Anhar berantem/penyerangan geng sekolah lain), jadi bikin agak ngantuk. Untung banyak dialog-dialog ala anak sekolahan yang kalo misalnya ada anak ngomong begituan pas di sebelahku, bisa aku ketawain di tempat tuh saking cheesy nya... "Elah anak kecil...."

Walaupun udah banyak review yang bilang kalau film ini bagus tapi ngga sebagus itu, penontonnya tetep banyak lho. Terbukti pas aku nonton kemarin, studionya rame. Bahkan banyak juga penonton cowoknya hahaha dan mereka-mereka inilah yang bikin film ini jadi ngga ngebosenin. Contohnya pas ada adegan Dilan ngomong sesuatu yang cheesy ke Milea, disaat cewek-cewek dalam hatinya jumpalitan ngeliat Iqbaal ngegombal, tiba-tiba ada penonton laki-laki yang nyeletuk, "Huweek..." sontak aku langsung ketawa. Banyak yang ketawa tuh satu studio :)))) ya Allah menghibur banget.

Buat penonton cewek yang haus akan hal-hal unyu dan cowok bad boy beriman *eaea*, film ini lumayan laaah buat ditonton, walaupun masih agak kalah sama Cinta Silver, Radit&Jani (ini bagus banget filmnya! :"), dan Dealova, tapi Dilan 1990 ini ngasih cerita dan pemeran yang lebih 'seger' dengan Dilan-Milea yang walaupun agak receh dan ngga jelas tapi sweet dengan cara mereka sendiri :") apalagi buat yang udah baca novelnya, coba deh nonton filmnya, imajinasi-imajinasi kalian bakal tersalurkan hampir sama dengan visualisasi filmnya xD

2 komentar: