another blogger

Rabu, 18 Januari 2012

Some Advices

Cieeeh dari judulnya udah keliatan menggurui banget yak wakakak
Ini nih untungnya lulus duluan, bisa buka stand konsultasi buat temen-temen seangkatan, ehm...ditarik duit pastinya :p

Kan bentar lagi Unas nih, mau SNMPTN juga. Beberapa temenku ada yang masih bingung milih jurusan yang bakalan mereka ambil nantinya. Sama sih kaya aku beberapa bulan yang lalu hehehe bedanya, aku dari awal udah punya gambaran mau milih yang mana. Eh bukannya sombong atau gimana sih, soalnya, emang ngga ada pilihan lain -__- kalau aku daridulu mikirnya harus jadi dokter, apapun. Mau dokter umum, mau dokter gigi, yang penting dokter. Tapi lama-lama, passion-ku cenderung ke dokter gigi. Akhirnya berusaha..berdoa...dan voila! Here I am, at FKG Unair.

Tahun ini katanya Unair buka jalur undangan kan? Aku antara seneng sama ngga seneng juga sih ehehe. Ngga senengnya karena kenapa ngga dari tahun lalu aja bukanya. Senengnya karena gara-gara tahun lalu ngga ada snmptn undangan, jadinya kuota buat SNMPTN 60%. Apa ya, kriteria nilai tiap sekolah kan beda-beda. Kalau misalnya aku ikut undangan, pesimis deh hehehe. Tapi tetep semangat ya buat tdmen-temen yang ikut jalur undangan!

Milih jurusan sebenernya emang susah sih, dimana kita pasti ngeliat peluang kerja untuk ke depannya. Kalau dapet pekerjaan bagus, duit ngalir terus, kan bisa buat ngeborong komik-komik unyu :')
Sebenernya semua peluang pekerjaan sama kok, tinggal gimana kita manfaatin kesempatan yang ada. Intinya, semua program studi ada keunggulannya, ada kelemahannya. Misalnya dokter ya.
Prodi dokter kan emang banyak yang minat, terus penghasilannya wuih banget. Tapi kalo dipikir-pikir, dokter kan udah banyak di Indonesia. Buka praktekan susah. Nah, kita juga harus pinter-pinter nyari peluang-peluang gimana caranya banyak pasien (banyak penghasilan pula). Ngga bisa kan begitu lulus jadi dokter, pasiennya langsung bejibun. Semua kan dirintis dari bawah dulu ;)

Kalau milih jurusan, sesuaikan sama minat kalian. Walaupun ada beberapa kenalanku yang masuk ke prodi yang ngga sesuai sama pilihan mereka, tapi akhirnya betah sih. Paling ngga kan, kalau kita dikasih Allah apa yang udah jadi pilihan kita, insya Allah kita bakal lebih semangat kuliahnya wkwk. Kalau mau lebih aman lagi, diskusikan sama orang tua tentang pilihan studi kita. Kalau mereka mendukung, bagus kan? Orang tua mana sih yang ngga mau ngedukung anaknya? hehe. Yah walaupun kadang, pilihan mereka beda sama pilihan kita. Bisa jadi bahan renungan tuh, biasanya pilihan orang tua kan diridhoi Allah. Walaupun kita ngga suka, siapa tahu emang disitu jalan rejeki kita. Tapi tetep bilang ke orang tua pilihan jurusan yang kita pengenin.

Ini persis pengalamanku, dimana ibuku cenderung kepengen aku masuk ke FK. Siapa sih yang ngga mau anaknya jadi dokter? Setelah itu, ibuku dengan gencar ngasih doktrin-doktrin tentang FK. Tapi karena waktu itu aku udah mantep kepengen ambil pendidikan dokter gigi, aku pasang tameng. Malah aku yang frontal nunjukin ke keluarga kalau pengen jadi dokter gigi. Akhirnya ibuku ngalah, dan ngedukung apa yang aku pengenin. Sekarang, kayaknya ibuku malah seneng aku masuk PDG, bisa bantu-bantu (beres2in alat ) pas beliau praktek ._______.

Inti dari semua ke-tele-tele-an di atas adalah..........pilih program studi yang bener-bener kamu yakin pengen masuk disana. Misalnya kamu minat di dua prodi, pilihan pertama kamu tempatin buat prodi yang kamu yakin kamu ngga bakalan nyesel kalo keterima disana. Masalah kamu lebih suka prodi pilihan kedua, itu soal lain. Toh nantinya kalau kamu keterima di pilihan pertama, ngga bakalan sedih juga.
Aku tahun lalu juga dilema nentuin pilihan pertama sama pilihan kedua. Aku mikirnya kalau FK pilihan pertama, terus aku keterima.......................Alhamdulillah kan? hahaha. Jadilah pas SNMPTN aku milih FK, kemudian baru FKG, walaupun sebenernya aku lebih condong ke FKG nya.

Semuanya balik ke diri masing-masing lagi kok. Yang paling tahu kalian mau ambil prodi apa, ya kalian sendiri. Ini cuma sekedar sharing dari pengalamanku tahun lalu ehehehe. Semua kan punya cara pandang beda-beda soal prioritas pilihan prodi :D
Good luck guys! Semoga sukses SNMPTN nyaaaaaa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar