another blogger

Sabtu, 27 Januari 2018

Dilan 1990

Salah satu film Indonesia yang sekarang lagi jadi trending topic dimana-mana karena line filmnya adalah Dilan 1990. Siapa sih yang ngga tau? Judul, cuplikan film, percakapannya, pemerannya, semua muncul di berbagai tempat. Viral banget deh. Pemerannya pun banyak menuai kontroversi. Ada yang bilang cocok, ada yang bilang ngga cocok. Dua kali nonton bioskop pun, aku sempat liat trailer film ini, yang bikin aku speechless denger line yang ada di filmnya. Hm... gimana ya...

Sebelum postingan ini, aku sempat ngepost juga salah satu line yang ada di novel karya Pidi Baiq ini. Aku ngga tau apakah line tersebut ada juga dalam film. Yang jelas, menarik perhatian banget. Kaya yang aku bilang ya, mungkin aku bukan orang yang romantis. Atau kadar romantisku ngga sampe kesana. Buat aku, agak cheesy dan.... aneh (?). Entahlah apa ada ya orang yang beneran bakal ngadoin gebetannya TTS?

Nah, daripada aku ngejudge duluan, aku memutuskan buat baca novelnya. Penasaran juga sama komentar-komentar tentang "Film ngga sebagus novelnya," atau "Baca novelnya emang selalu ada feel yang beda..". Berhubung belum tertarik buat nonton filmnya di bioskop, akhirnya aku memutuskan buat baca novelnya aja.

Dan ternyata.......

Ceritanya lumayan menarik. Kalau dikategorikan, kayanya masuk novel teenlit ya, menceritakan kehidupan percintaan siswa SMA tahun 1990 yang mungkin di sekolahku ngga akan kejadian hal serupa. Atau bahkan punya siswa kaya Dilan.

Dilan, digambarkan sebagai seorang siswa SMA kelas 2 di Bandung, anggota geng motor, suka berkelahi, pintar, dan jatuh cinta sama seorang anak baru pindahan dari Jakarta, namanya Milea. Menceritakan perjuangan Dilan demi mendapatkan hati Milea, dengan cara-cara khas Dilan dan kalimat-kalimat pdkt yang bikin cewek speechless. Dilan selain anggota geng motor, juga termasuk anak yang sering dihukum. Dia juga stand up dalam melawan guru yang dirasa melakukan hal yang ngga sepantasnya.

Karena udah terdoktrin dengan Iqbaal sebagai sosok Dilan, selama baca novel pun, imajinasiku ngemunculin Iqbaal disana. Bisa bayangin dong gimana aku nggak senyum-senyum sendiri waktu baca novelnya karena ngebayangin Iqbaal terus....

Lanjut ke cerita ya..
Dilan selalu punya banyak cara pdkt ke Milea, yang bahkan ngga akan disangka-sangka. Aku pun sampai "Ya Allah ni anak!" gitu lhoo selama baca. Bener-bener diluar dugaan! Kalau aku ngebayangin cara-cara standar ala novel teenlit, disini beda! Cara yang sangaat ngeselin, tapi nunjukin kalau dia care sama Milea *eaeaea*. Mungkin tokoh-tokoh Tsundere gitu biasanya lebih laku ya di kalangan pembaca cewek kaya aku, tapi, cowok yang terang-terangan + super usil kaya Dilan gini juga ngga kalah mencuri hatinya :"( maafkan diriku yang gampang jatuh hati pada fictional character :"(

Dari cara-cara uniknya tadi, cewek manasih yang nggak klepek-klepek. Satu seri Dilan 1990 ini menceritakan awal Dilan-Milea, gimana Milea putus dari pacarnya yang lama, kisah-kisah remaja SMA gitu lah. Percakapan receh Dilan-Milea, Dilan yang super talkative. Yang bikin beda adalah setting waktunya. Aku engga tahu ya gimana, tapi romantisme tahun 1990 dengan yang sekarang beda. Makanya ngga heran kalo banyak yang "ih apaan sih.." "ih alay" "Lapo ae..." begitu mendengar line nya Dilan di film. Kalo diterjemahkan ke jaman sekarang, kesannya emang agak norak dan bikin kita nampol yang ngomong, malu tapi sebenernya seneng juga digombalin wkwkw :"))


Salah satu yang bikin aku histeris adalah adegan di screenshot di atas >< sumpah itu kisah cinta-cintaan anak sekolah banget yak! Wkwk ga jelas serius apa enggaknya 😂😂 tapi cukup bikin bahagia bacanya... :"

Si Dilan ini ternyata suka sastra. Hobinya baca buku dan bikin puisi, padahal anggota geng motor yang suka berantem. Mungkin karena itu ya, dia punya cara sendiri buat ngungkapin rasa sukanya ke Milea, yang agak-agak dramatis gitulah. Gombalan-gombalan sastra yang agak....... ya gitudeh. Sebagai anak geng motor, tentu aku ngebayanginnya Dilan berperawakan atletis, badannya tinggi agak berisi, muka agak tajam beda sama Iqbaal sebenernya, tapi Iqbaal pun nggak masalah hahaha.

Overall, cerita pertama Dilan 1990 ini yah cukup menarik lah. Ngga seburuk komentar orang-orang tentang filmnya. Cukup menarik buat aku lanjut ngebaca seri buku kedua dan ketiga nya. Cerita Dilan-Milea ini, kalo boleh jujur, berhasil bikin aku senyum-senyum sendiri selama baca (apalagi ngebayangin Iqbaal...). Kisah cinta-cintaan jaman SMA banget, yang lucu, seru, dan bikin deg-degan. Yang cuma ada pas jaman sekolah. Rasanya kaya pengen ngulang masa SMA... hahaha. Kejadian di kelas, di kantin, di lapangan, upacara bendera, semua bikin nostalgia ke jaman sekolah. Cerita Dilan-Milea ini beneran persis dengan kisah cinta masa SMA harapan banyak anak perempuan pada masanya :") akupun waktu SMA juga mungkin pengen punya cerita kayak begitu wkwkw

Setelah baca novelnya, aku jadi agak sedikit tertarik sama cerita Dilan-Milea ini. Yang pada jaman mereka termasuk romantis. Dari yang aku sama sekali ngga minat nonton, jadi mulai nyari cuplikan Iqbaal di youtube wkwkw *gara-gara Iqbaal!*

Ada yang udah nonton filmnyaa? Gimana menurut kalian?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar