another blogger

Sabtu, 07 Oktober 2017

When in White-Blue

Gara-gara kemarin ada kakak kelas jaman aku SMP di Sorowako ngefollow akun Instagram ku, aku jadi kepoin dia *eaea* dan berakhir ngelihat foto-foto dia dan teman-temannya. Yang beberapa sudah pasti aku kenal karena kakak kelasku juga jaman remaja dulu. Saking sibuk dengan diri sendiri, aku sampai lupa bahwa ngga cuma aku yang tumbuh dan berkembang, orang lain pun juga. Beberapa diantara kakak kelasku itu ada yang jadi dokter, ada yang kuliah di luar negeri, banyak juga yang udah kerja.

Begitupula teman-teman (seangkatan) ku di Sorowako. Sekarang udah punya jalannya masing-masing. Ada yang udah kerja, ada yang sekolah lagi, ada (banyak) yang udah menikah, punya anak. Kalo aku inget jaman sekolah dulu, aku dan teman-teman kaya belom punya pegangan apa-apa. Kerjaannya main mulu. Dan sekarang mereka udah jadi 'orang' yang sibuk. Yang punya tanggung jawab. Yang sedang memperjuangkan masa depan, mengadu kemampuan, berusaha mencapai pembuktian. Padahal aku cuma 2 tahun satu SMP sama mereka, tapi rasanya udah kaya teman dari baru lahir.

Buat yang belom tau, waktu kelas 5 SD aku pindah sekolah ke Sorowako, sebuah kota kecil di pucuk Provinsi Sulawesi Selatan, gegara ikut bapak yang kerja disana. Saking kecilnya, bahkan warganya saling kenal satu sama lain mungkin. Selama 4 tahun di Sorowako ini, banyak banget cerita-cerita ala remaja yang tinggal di pedalaman. Semacam Laskar Pelangi, tapi lebih modern. Pulang sekolah lewat lapangan golf, menyusuri sungai, ngelewatin pematang sawah, liburan ke Goa Kelelawar, petualangan di hutan bareng teman-teman, dan banyaaaak lagi cerita seru yang ngga bakal aku rasakan kalau tinggal di kota besar.

Setelah kebawa suasana nostalgia di instagram, aku jadi keinget cerita waktu MOS SMP. Karena Sorowako adalah kota kecil, jumlah sekolah disana bisa dihitung pakai jari. Dan karena aku adalah anak karyawan perusahaan tambang disana, otomatis aku sekolah di sekolah milik yayasan Perusahaan, salah satu yang terbaik di kota itu. Otomatisnya lagi nih, teman-temanku jaman SD juga lanjut ke sekolah yang sama. Jadi ya, berasa kaya cuma pindah kelas dan ketambahan beberapa teman baru dari SD lain.

Tebak aku yang mana! Hahaha
Begitu masuk SMP, teman-temanku yang tadinya sekelas cuma 20 orang di SD, bertambah banyaaak banget dari SD lain, baik di Sorowako maupun kota-kota lain luar Sorowako. Dan sialnya, waktu MOS, aku bener-bener kepisah sendiri dari teman-teman SDku. Aku masuk di kelompok yang teman-temannya sama sekali ngga aku kenal. Ngga ada yang aku kenal. Padahal di kelompok lain, senggaknya ada dua teman dari SD yang sama. Curang D: tapi aku harus bertahan............

Karena ngga punya teman di kelompok, awalnya aku diem banget di kelas. Berusaha jadi peserta MOS yang ngga bermasalah, yang selalu datang tepat waktu, yang rajin, yang pokoknya jauh dari incaran panitia MOS lah. Menghindari masalah, karena aku ngga punya teman di kelompok. Tapi untungnya, waktu duduk di kelas, teman-teman sebelah bangku ku adalah teman-teman yang asik. Jadi ngga butuh waktu lama buat berteman dekat sama mereka. Yang tadinya aku cuma diem aja di kelas, jadi lumayan banyak omong, tapi tetap berusaha kalem supaya ngga dilirik panitia :0

Entah kenapa di setiap Orientasi Sekolah, selalu dikasih tugas-tugas yang cenderung aneh... Dan mau ngga mau, sebagai peserta kita harus ikut aturan dengan mengerjakan tugas-tugas tersebut. Sebagai anak yang lurus-lurus aja, aku tentu mengerjakan tugas-tugas itu dengan sangat baik wkwkwk walaupun di kelas ngga punya teman yang deket dari SD yang sama, tapi untungnya aku bisa membaur dengan teman-teman baru.

Walaupun aku udah jadi se kalem apapun, entah kenapa aku selalu kena.....................................
Sumpah deh. Entah itu disuruh jadi siswa simbolis peresmian MOS lah, dipanggil maju buat jadi ketua kelompok lah, dipanggil ke atas panggung buat ngebacain surat cinta buat panitia lah. Parah sih ini. Padahal aku selalu diam dengan tangan terlipat di atas meja. Gimanapun aku diam mematung, tetap salah dimata panitia :"


Ini akuuuu waktu ditugaskan buat jadi siswa simbolis peresmian MOS. Dari banyaknya peserta MOS, ngga tau kenapa aku yang langsung ditunjuk ngga pake babibu. Dan sebagai peserta MOS yang ngga mau cari masalah, ngga mungkin kan aku menolak? :"

Yang paling parah adalah waktu ngebacain surat cinta. Kayanya ini selalu ada disetiap MOS ya. Peserta diwajibkan menuliskan satu surat cinta buat kakak panitia MOS. Sebelumnya, aku udah denger ada desas-desus kalo peserta MOS yang bermasalah atau caleda' (caleda' itu istilah di Sulawesi buat cewek yang apa ya kalo di Jawa sebutannya endel wkwkw) atau peserta MOS yang udah jadi target dan sasaran empuk kakak panitia, entah punya dendam kesumat pribadi atau apa. Dan akuuuu lagi-lagi dipanggil maju ke depan, padahal aku ngga merasa jadi peserta yang bermasalah, aku juga ngga caleda', dan aku bahkan ngga kenal sama kakak panitia yang super galak yang kabarnya udah punya incaran itu. Aku ngga masuk kualifikasi dong harusnya! ;---;

Surat cinta aku tulis buat Kak Reynaldi (yang sekarang udah jadi rekan sejawat Dokter juga. Halo kak!). Aku inget banget, disaat teman-teman yang lain pada bikin surat cinta buat kakak panitia yang menurut mereka paling ganteng, paling baik, paling yes lah pokoknya, aku nulis surat cinta buat kakak pembimbing kelompokku, yang mungkin aku satu-satunya peserta yang nulis buat dia wkwkw peace kak! Jadi waktu sebelum disuruh kumpul di depan panggung, kakak pembimbing kelompokku nanyain satu-satu ke peserta, pada ngirim surat buat siapa. 90% anak cewek di kelasku pada bikin surat buat kak Ibe, nama aslinya Ibr*him wkwk yang memang waktu itu adalah sosok kakak panitia kaya di FTV atau komik-komik. Yang good-looking, udah kelas 3 (kelas 3 SMP............ SMP lho...), tinggi, kurus, rambut jabrik, senyum mematikan, ya yang gitu-gitu lah. Entah kenapa ngga terbesit di benakku sama sekali buat kirim surat cinta ke dia. Justru aku nulis buat kak Reynaldi, yang aku kenal selama MOS ini adalah cowok yang baik. Dan untungnyaaaaaaaaaaa ngga seperti kebanyakan teman-teman yang isi suratnya adalah pernyataan cinta, atau memuja-muja kak Ibe (Contohnya seperti: Kak Ibe ganteng banget, badannya wangi, tinggi tegap macam Primus), aku justru nulis cerita tentang MOS yang aku jalanin ini dan pesan-pesan (lebih ke arah saran sih) buat kak Reynaldi. Cari aman takutnya aku yang disuruh ngebacain di depan satu sekolah.

Dan beneran, ketika waktunya pembacaan surat cinta, aku disuruh maju. Namaku bahkan disebutkan kedua setelah nama temanku yang aku dengar-dengar dia udah diincar sama panitia sejak hari pertama. Namaku disebut kedua! Padahal aku ngga pernah dateng telat, ngga pernah melawan kakak panitia, ngga pernah bikin masalah, ya Allah............. Begitu naik ke panggung, aku langsung dikasih toa (bener gak ya tulisannya gini?) buat ngebacain surat cinta. Kurang puas dengan aku ngebacain sendiri, butuh toa supaya satu sekolah bisa denger..... Terima kasih kak :) Untungnya, belum sempat aku ngebacain, acara lain udah mau dimulai dan akhirnya aku ngga jadi ngebacain ;")) Pas di panggung, aku sempet disamperin sama kak Reynaldi, dia tanya, "Kenapa isinya surat saran sih? Kok bukan surat cinta?" eaeaeaea dan karena orangnya seperti itu (ngga bisa dideskripsikan), aku malah becandaan sama kakaknya di panggung, sementara temanku yang namanya disebutkan tadi sedang ngebacain surat cinta dia buat kak Ibe, yang disambut "Ciyeee ciyeee" dari penjuru sekolah. Ngga peduli, yang penting aku lolos dari cekaman MOS ini.

Ngga mau tahu segimana kamu diem, berusaha mematuhi peraturan MOS, berusaha ngga terlihat, siapapun bisa jadi sasaran panitia MOS. Semua gerakan, bahkan mungkin bernafas pun, akan terlihat di mata senior, dan bisa jadi cara mu tarik-keluar kan nafas adalah salah menurutnya :") Atau helai rambutmu yang seharusnya dikepang dua, ada yang keluar dikit dari ikatan, dan jadi kesalahan juga yang menyebabkan namamu dipanggil untuk ngebacain surat cinta. Di hari ketiga MOS, aku seneng banget karena akhirnya bisa gabung lagi dengan teman-teman SD, karena waktu pembacaan pembagian kelas, aku bisa sekelas lagi dengan 80% dari mereka. Cuma beberapa yang terpisah kelas. Dan yang paling penting, aku terlepas dari semua acara 'ditunjuk' maju ke depan :"D

Tebak aku yang manaaa wkwk (2)

Di penutupan MOS, namaku dipanggil lagi maju ke depan. Kali ini bukan untuk dikerjain, tapi disebutkan sebagai Peserta MOS Ter-Rajin :"D Rasanya semua perjuanganku ngga dateng terlambat terbayarkan. Ini kali kesekian aku maju ke atas panggung....


Yeaaay! Selamat sudah menjadi siswi SMP, Ra! Dan setelah ini, kisahku sebagai 'Remaja Alay' dimulai :")))))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar